Georgia live webcams

DALAMI MATERI, SAR UNM IKUTI PELATIHAN BFA dan HART

INFOKOM SAR UNM, Makassar- Pelatihan Basic First Aid (BFA) dan Hight Angle Rescue Technique (HART) yang digelar BASARNAS Kantor SAR Kelas A Makassar 19 – 22 November 2015, hadirkan 50 peserta untuk wilayah Sulsel-Bar.
Kegiatan ini berlangsung selama empat hari di dua tempat, yakni di Gedung KNPI Makassar, dan Taman Nasional Bantimurung, Desa Semangki, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, dan dibagi menjadi dua tahap untuk dua hari pertama penerimaan materi kelas, dan dua hari selanjutnya praktik dari materi kelas.
Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala BASARNAS Marsekal Madya TNI F.H.B Soelistyo S.Sos, inibertujuan untuk meningkatkan skilI potensi SAR dalam operasi terutama di ketinggian atau medan vertical, adapun peserta yang berjumlah 50 orangterdiri dari TNI, POLRI, Potensi SAR, dan Komunitas Pecinta Alam ( KPA).
Aswandy salah satu peserta dari SAR UNM megatakian, pelatihan ini sangat bermanfaat terlebih lagi untuk menyegarkan kembali ingatan kami mengenai teknik-teknik pertolongan di medan vetikal.
“Dalam pelatihan ini kami banyak belajar terutama untuk penggunaan alat baru yang belum pernah kami lihat” pungkasnya.
Pengaplikasian materi di lapangan yang berlangsung di Taman Nasional Bantimurung, Desa Semangki, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros ini, yaitu sistem ascender dan descender yaitu teknik naik turun dengan menggunakan tali sebagai jalur utama, serta lowering (kegiatan menurunkan korban) dan Lifting (evakuasi korban dari tempat yang dalam dengan mrnggunakan sistem houling).
“Terlihat jelas perbedaan bermain di ketinggian medan sebenarnya daripada di menara/tower, jika di tower masih banyak tempat untuk memasang anchornya kalau di medan sebenarnya kita harus jelih juga lihat anchor pointnya” jelas salah seorang instruktur dari BASARNAS.
Pelatihan yang di tutup oleh Kepala kantor SAR Makassar Roki Asikin S. Sos mengungkapkan bahwa “pelatihan ini tidak semata-mata hanya sampai disini saja, setelah kembali ke instansi masing-masing harus sering latihan apalagi instansi yang dekat dari daerah tebing atau pegungungan”. setelah upacara penutupan penyerahan piagam kepada peserta pelatihan dan Peserta terbaik yang di raih oleh Kapten laut (KH) Libra Yansen, S.P.M,S.H. (md)

Share

About the author

Infokom

Berbakti dalam Abdi, berbagi dengan Hati
Karena sebagian dari diriku bukanlah Milikku

Leave a Comment