Subscribe:Posts Comments

You Are Here: Home » Uncategorized » 27 Peserta Diklatsar XV Ikuti Matra Air di Tanjung Bayang

SAR UNM– Setelah melalui proses materi kelas (indoor), sebayak 27 peserta Pendidikan dan Latihan Dasar SAR (Diklatsar) XV UKM SAR UNM mengikuti tahapan materi lapangan (Outdoor) Sebagai tahap awal, mereka mengikuti matra air di Pantai Tanjung Bayang, Makassar (12-13/11).

Pada kegiatan ini peserta menerima beberapa materi seperti water rescue, selam dasar dan driver PK. Untuk pemateri sendiri, panitia menghadirkan instruktur dari Basarnas Makassar, SAR Brimob dan anggota SAR UNM.

teknik water rescue yang dilakukan peserta di pantai tanjung bayang

Teknik Water Rescue yang dilakukan peserta DIKLATSAR XV di pantai tanjung bayang (Foto: Haeriah-SAR UNM)


Koordinator Seksi Lapangan, Jufrianto mengatakan matra air merupakan tahapan penting bagi peserta, sehingga wajib diikuti. Seperti yang diketahui, sebagian besar operasi atau kegiatan pertolongan dan pencarian yang dilakukan selama ini berada di air.

“Ini salah satu kegiatan penting dalam rangkaian diklatsar karena ini menyangkut tentang bagaimana cara pencarian pertolongan di air. Ilmu yang didapatkan dalam matra air, kami berharap dapat implementasikan dengan baik dan bermanfaat,” katanya.

Ketua Umum UKM SAR UNM, Aswan Basri menambahkan bukan hanya dari segi kapabilitas keilmuan saja yg mereka dapatkan, tetapi mereka juga dapat memaknai arti kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama.

“Melalui kegiatan matra air ini diharapkan peserta mampu mengaplikasikan materi yang telah didapatkan mulai dari menggunakan perahu karet, teknik menyelam dan sampai pada teknik pertolongan di air (Water Rescue),” tambahnya.

Setelah proses matra air, selanjutnya peserta akan mengikuti dua rangkaian outdoor lagi. Yaitu vertikal rescue atau pertolongan di ketinggian dan tebing, serta tahapan akhir matra darat. (Adl)

Leave a Reply

© 2016 SAR UNM · Subscribe:PostsComments · Designed by Celebeshost · Powered by Celebeshost