Berita Operasi

Survivor Selamat Setelah Hipotermia 18 Jam

Written by Infokom

SAR UNM- 3 orang pendaki di Pos 6 Gunung bawakaraeng, berhasil di evakuasi ke Bulu Balea dan di bawa ke Desa Lembanna setelah salah seorang temannya mengalami hipotermia 18 jam lamanya (31/01/17).

Dari informasi yang didapatkan SAR UNM sebelumnya bahwa 3 orang survivor yang mengalami hipotermia di Pos 6 sejak Senin lalu (30/01) itu antara lain Rama (10 th), Aldian (18 th), dan Ipha (21 th) .

Survivor (Ipha 21th) yang mengalami hipotermia berat dan cedera pada kaki bagian kiri, menyebabkan ia harus di evakuasi menggunakan tandu. Olehnya tim sar gabungan yang tiba di Pos 6 pukul 03.00 dini hari dan langsung melakukan penanganan.

Sedangkan Rama dan Aldian di evakuasi oleh warga karena masih bisa berjalan dan di dampingi oleh warga yang naik ke Pos 6 setelah menerima laporan bahwa adanya pendaki mengalami hipotermia dan kehabisan ransum.

Proses evakuasi  berlangsung selama kurang lebih 11 jam, dikarenakan jalur yang cukup jauh dari Desa Lembanna menuju tempat korban di Pos 6. Sebanyak 26 Rescuer diterjunkan dan sisanya siaga di posko induk untuk mengantisipasi hal yang lebih tidak diinginkan.

Adapun Tim SAR gabungan yang berada dilokasi yaitu Basarnas Makassar 7 orang, SAR UNM 7 orang, SAR UNHAS 2 orang, SAR Pemuda 5 orang, Makassar Rescue 3 orang, SAR Antariksa 1 orang, SAR Unibos 1 orang, SAR Pramuka 2 orang, LPB Muhammadiyah 1 orang, komunitas Extreme Sport 4 orang dan masyarakat setempat.

“Korban akan langsung diserahkan ke pihak keluarga, dan keluarganya akan datang menjemput” Seperti halnya yang dikatakan Komandan tim sar gabungan saat itu Darul Astiyadi.(awd/tyn)

Share

About the author

Infokom

Berbakti dalam Abdi, berbagi dengan Hati
Karena sebagian dari diriku bukanlah Milikku

Leave a Comment